5 Manfaat Social Media Listening Untuk Bisnis dan Organisasi

social media image

Social media listening, atau sering juga disebut sebagai social media monitoring, adalah proses mencari tahu apa yang dikatakan pelanggan Anda di media sosial mengenai bisnis, produk, brand, atau organisasi Anda, kemudian menggunakan data-data tersebut untuk dianalisis.

Jika dilakukan dengan benar, seluruh intelijen yang dikumpulkan dari pelanggan dapat dimanfaatkan untuk nantinya dikembangkan dalam pembuatan konten, produk terbaru, layanan pelanggan, dan kampanye pemasaran yang lebih baik.

Nah, jika Anda masih belum paham seberapa pentingnya social media listening bagi bisnis dan organisasi Anda, berikut ini adalah beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkannya.

  • Mengidentifikasi influencer.

Berkolaborasi dengan influencer dapat memberikan banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Namun ingatlah bahwa tidak semua dari mereka bisa cocok dengan brand Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memilih dengan selektif untuk menemukan influencer terbaik yang memiliki pengaruh paling tinggi terhadap brand Anda dan yang pengikutnya paling sesuai dengan target audiens Anda. Dengan melakukan social media listening, Anda dapat mengidentifikasi influencer potensial yang bisa diajak untuk bekerja sama atau Anda jadikan sebagai brand ambassador untuk meraih lebih banyak keuntungan.

  • Melindungi reputasi bisnis.

Reputasi bisnis yang buruk dapat membawa kerugian besar dan membuat Anda kehilangan banyak pelanggan. Karena itu, social media listening diperlukan untuk membantu memastikan reputasi bisnis Anda tetap terjaga dengan baik. Jika Anda menemukan komentar negatif tentang produk atau layanan Anda di forum umum, Anda dapat mencoba menyelesaikan masalah tersebut sebelum menjadi tidak terkendali.

Baca Juga: Perbedaan Social Media Listening & Social Media Monitoring?

  • Mengetahui faktor keputusan pembelian pelanggan.

Mempelajari faktor apa yang memiliki pengaruh terbesar pada keputusan pembelian pelanggan Anda merupakan wawasan yang sangat berharga. Dengan melakukan social media listening, Anda dapat mempelajari secara langsung mengenai pengalaman yang dibagikan oleh pelanggan Anda tentang alasan kenapa mereka membeli produk Anda dan apa yang membuat mereka merasa puas dengan hal tersebut. Informasi ini bisa Anda jadikan sebagai value dari produk Anda, untuk nantinya dituangkan ke dalam bentuk kampanye yang menarik atau Anda jadikan sebagai bahan improvisasi dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk.

  • Memenangkan keunggulan dari kompetitor.

Saat melakukan social media listening, Anda mungkin menemukan orang-orang mengeluhkan produk atau layanan dari pesaing Anda. Nah, Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan menunjukkan kelebihan produk atau layanan Anda yang tidak dimiliki oleh pesaing. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengungguli kompetitor dan menjangkau lebih banyak pelanggan baru. Ketika mereka menyadari bahwa produk atau layanan yang Anda tawarkan jauh lebih baik, ini meningkatkan kemungkinan mereka untuk menjadi pelanggan loyal Anda.

  • Meningkatkan layanan pelanggan.

Mendengarkan komentar yang positif terkait produk Anda tentu terasa menyenangkan, tetapi ada kalanya Anda juga akan menemukan komentar negatif. Namun jangan bersedih, karena terkadang umpan balik negatif bisa lebih bermanfaat untuk Anda, karena mereka seringkali memberikan arahan yang jelas tentang area yang perlu Anda tingkatkan. Saat hal ini terjadi, jangan takut untuk mendengarkan opini mereka tentang brand Anda, dan tanyakan mengenai masalah yang mereka miliki serta apa yang ingin mereka tingkatkan dari produk atau layanan Anda. Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan layanan pelanggan sekaligus mengimprovisasi kekurangan pada produk Anda.

Social media listening tidak hanya sekedar mendengarkan apa yang dikatakan orang-orang tentang bisnis Anda di media sosial. Tetapi ini juga tentang menanggapi apa yang mereka katakan, membuat konten yang mereka minati, dan membantu mereka ketika mereka mengalami masalah dengan produk atau layanan dari bisnis Anda.

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Hak cipta © 2021 BigBox. Hak cipta dilindungi Undang-undang. Berbagai merek dagang dipegang oleh pemiliknya masing-masing. Kebijakan Privasi  |  Syarat & Ketentuan

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account