Media sosial adalah platform luar biasa yang memungkinkan bisnis Anda untuk terlibat langsung dengan audiens dan mendorong penjualan. Namun di sisi lain, platform ini juga membuat persaingan pasar semakin ketat. Oleh karena itu, untuk memastikan brand Anda dapat mengungguli kompetitor, diperlukan analisis media sosial agar Anda memiliki lebih banyak informasi dan wawasan berharga terkait pelanggan Anda dan hal apa saja yang menarik minat mereka.
Nah, pada pembahasan kali ini kita akan mengulas lebih jauh mengenai analisis media sosial, manfaatnya untuk bisnis Anda, dan bagaimana cara untuk melakukannya.
Apa Itu Analisis Media Sosial?
Analisis media sosial adalah proses mengumpulkan data-data berharga dari saluran media sosial yang Anda gunakan untuk nantinya diidentifikasi dan dibuat menjadi kesimpulan yang dapat ditindaklanjuti. Agar Anda bisa membuat kampanye pemasaran online yang tepat, Anda perlu mengumpulkan data dari aktivitas Anda di media sosial sebelumnya berdasarkan interaksi dengan follower, kampanye yang pernah Anda buat, umpan balik yang diberikan pelanggan, dan data-data lainnya.
Selain itu, menganalisis kompetitor Anda juga termasuk ke dalam proses analisis media sosial. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa memiliki gambaran umum yang lebih jelas mengenai industri Anda dan melihat strategi apa yang sekiranya akan berhasil dan tidak berhasil.
Apa Saja Manfaat Analisis Media Sosial?
Data merupakan salah satu sumber daya yang berharga bagi bisnis apa pun. Melakukan analisis media sosial memungkinkan Anda mendapatkan akses ke banyak data dan informasi penting yang dapat mempengaruhi kesuksesan kampanye Anda di masa mendatang. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan analisis media sosial.
- Mengidentifikasi ketertarikan audiens.
Terkadang, sebuah tren bisa bertahan selama berminggu-minggu, dan terkadang juga bisa sampai berbulan-bulan lamanya. Dengan melakukan analisis media sosial, Anda dapat dengan mudah melihat perkembangan tren apa yang saat ini paling membuat audiens Anda merasa tertarik.
Misalnya jenis konten seperti apa yang mereka sukai, topik apa yang paling banyak dibicarakan saat ini, masalah apa yang mereka miliki, dan harapan apa yang mereka inginkan dari industri Anda. Dengan mengetahui informasi-informasi tersebut, Anda dapat membuat konten menarik yang dapat mendorong keterlibatan audiens Anda.
- Mempelajari kompetitor.
Anda bisa belajar banyak dari kampanya pesaing Anda dan mengawasi pergerakan mereka di media sosial. Lihat apa yang mereka posting, bagaimana reaksi orang-orang terhadap postingan tersebut, dan perhatikan kampanye apa yang memiliki keterlibatan paling banyak. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa mempelajari strategi pesaing Anda dan menilai kekuatan serta kelemahannya. Lalu gunakan wawasan ini untuk membuat strategi yang lebih baik di masa mendatang.
- Menjadi yang terbaik di industri.
Melakukan analisis media sosial tidak hanya membantu Anda untuk memenangi persaingan dari kompetitor, tetapi juga memahami lebih dalam mengenai segmen pasar dan audiens Anda. Hal ini dapat memberikan Anda metrik yang terukur tentang strategi apa yang berhasil dan yang tidak berhasil, apa yang dicari pelanggan dan apa yang perlu diperbaiki, sehingga Anda dapat lebih mudah untuk menciptakan produk atau layanan yang benar-benar mereka butuhkan. Ketika Anda berhasil mencapai hal tersebut, pada gilirannya brand Anda akan dikenal sebagai yang terbaik di industri.
Bagaimana Cara Melakukan Analisis Media Sosial?
Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai analisis Anda. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.
Lakukan monitoring keyword.
Ketika Anda ingin melakukan analisis media sosial, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan banyak data dari keyword yang terkait dengan bisnis Anda.
- Ketikkan nama brand Anda di mesin penelusuran media sosial yang Anda gunakan, dan Anda bisa melihat seluruh postingan orang-orang mengenai brand Anda.
- Gunakan hashtag kampanye brand Anda. Lihat hal apa saja yang dibicarakan orang-orang tentang Anda dan berapa banyak interaksi yang terlibat dalam percakapan tersebut.
- Keyword yang terkait dengan bisnis Anda. Misalnya jika Anda memiliki bisnis kosmetik, gunakan keyword seperti makeup, lipstik, foundation, dan lain-lain. Analisis ini dilakukan untuk melihat minat dan ketertarikan audiens Anda.
Analisis metrik media sosial.
Menganalisis metrik media sosial membantu Anda untuk lebih mudah meraih tujuan bisnis. Berikut ini adalah beberapa metrik yang perlu Anda perhatikan.
- Volume mention: Volume mention akan memberitahu Anda berapa kali nama brand Anda disebutkan dalam postingan orang lain. Metrik ini dapat membantu Anda melihat perkembangan brand, jika tujuan bisnis Anda adalah untuk meningkatkan brand awarness.
- Sentimen publik: Menganalisis sentimen publik dapat membantu Anda untuk mengetahui apa yang dirasakan pelanggan terhadap brand Anda. Anda bisa mengumpulkan data-data penting terkait hal ini dari berbagai mention atau hastag yang disertakan di postingan pelanggan.
- Jumlah share: Jumlah share pada konten yang Anda publish merupakan metrik penting untuk mengetahui berapa banyak pengguna yang mendiskusikan brand Anda. Semakin banyak jumlah share yang Anda dapatkan, artinya semakin banyak pula orang yang membicarakan produk atau layanan Anda.
Melakukan analisis media sosial dapat membantu Anda untuk mengungguli kompetitor dan memahami kebutuhan serta minat pelanggan Anda. Jika dilakukan dengan benar, seluruh data dan informasi yang Anda dapatkan dari hasil analisis tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membuat strategi pemasaran online yang lebih baik, yang dapat mendatangkan lebih banyak keuntungan bagi bisnis Anda di masa mendatang.
Bigbox membantu Anda memberikan akses social media analytics tools yang mempercepat proses analisa. Ringkas proses pengambilan data, sampai pemrosesan data, dan dapatkan insight untuk mengembangkan bisnis Anda sekarang juga.