Data menjadi sesuatu yang sangat penting bagi seluruh kegiatan atau aktivitas yang ada di kehidupan manusia sehari-hari. Big data sudah tidak asing lagi pada penggiat IT akan tetapi seiring berjalannya waktu perkembangan big data akhir-akhir ini terus meningkat. Penggunaannya bukan lagi hanya sebatas penggiat IT akan tetapi hampir menyeluruh dan menyentuh segala aspek industri berjalan mulai dari industri kesehatan, pelayanan kesehatan, retail, manufaktur, marketing, telekomunikasi hingga asuransi. Big data mempunyai fungsi utama yang ditawarkan bagi penggunanya yaitu mengolah informasi dari pelanggan dan menyajikannya langsung kepada pengusaha untuk mengetahui kondisi pasar dan mengenal lebih baik konsumennya. Big data mampu meringkas data yang jumlah sangat besar tanpa mengurangi data tersebut sehingga hasil pengolahannya bisa dijadikan referensi atau acuan terhadap keputusan bisnis yang dijalankan.
Big data dihasilkan dari berbagai sumber seperti:
- Streaming data berasal dari Internet of Things (IoT) dan perangkat yang terhubung ke sistem TI
- Media sosial data yang berasal dari interaksi facebook, youtube, instagram, dll merupakan sejumlah besar data yang tidak terstruktur atau semi terstruktur sehingga dapat dianalisis
- Data yang tersedia untuk umum berasal dari sejumlah besar sumber data terbuka seperti pemerintah
- Dan Data besar lainnya dapat berasal dari sumber data cloud, pemasok dan pelanggan
Dalam dunia bisnis, big data digunakan untuk mengumpulkan informasi pelanggan dari setiap transaksi yang terjadi yang nantinya informasi ini bisa digunakan untuk mengenal kebutuhan konsumen dan membantu dalam menentukan strategi apa yang dapat diterapkan dalam bisnis
Manfaat Big Data dalam dunia Bisnis
-
Mengetahui Kebutuhan dan Aktivitas Pelanggan
Pengaplikasian big data dalam bisnis adalah perusahaan dapat mengetahui informasi terkait pelanggan yang membeli atau memakai produk anda. Informasi ini akan menjadi data perusahaan untuk menganalisis apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pelanggan dan bagaimana anda menyediakan produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Big data membantu membaca kebutuhan dan keinginan pelanggan berdasarkan aktivitas pelanggan yang diolah menjadi data.
-
Memberikan Strategi Marketing yang Efektif
Setelah mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan tentunya anda akan mempunyai data. Dengan data yang dimiliki, anda bisa dengan mudah membuat strategi marketing yang efektif sesuai dengan target dan segmen pasar anda.
-
Membantu Proses Pengambilan Keputusan Bisnis
Big data mampu memberikan informasi secara detail dan akurat mengenai aktivitas dari pelanggan. Beragam informasi diolah dengan Big Data untuk menghasilkan insight sehingga data yang dihasilkan. Data tersebut dapat menentukan keputusan di masa mendatang dengan melihat dampak apa yang akan timbul dari setiap keputusannya