Marketplace menjadi salah satu tujuan yang umum bagi semua orang untuk mencari berbagai jenis kebutuhan.
Di Indonesia online marketplace menjadi salah satu sarana yang membantu mengembangkan bisnis. Dengan berbagai platform online, bisnis mampu dengan mudah memasarkan produk mereka dengan fitur – fitur yang ditawarkan oleh marketplace.
Pada artikel kali ini kita akan fokus membahas mengenai marketplace analytics dengan tujuan untuk meningkatkan profit, penjualan, dan strategi berdasarkan dari data. Selain itu kita juga bisa mengetahui pentingnya pemilihan fitur yang cocok untuk berbagai bisnis.
Apa Itu Tools Marketplace Analytics?
Marketplace analytics tools adalah sebuah software yang memberikan kemudahan dalam mendapatkan data penting untuk memajukan sebuah bisnis.
Beberapa contoh fitur pengukuran yang diberikan adalah sentiment analysis (produk atau brand), benchmark harga, jumlah pembelian, dan sebagainya. Tools ini akan sangat membantu mempercepat dalam mendapatkan insight untuk strategi bisnis.
Dalam beberapa tools, juga didukung dengan AI-based sentiment analysis untuk meningkatkan keakuratan data.
Kenapa Marketplace Analytics Sangat Penting?
Beberapa bisnis memanfaatkan teknologi ini untuk mendapatkan keuntungan tertentu. Ada beberapa alasan kenapa bisnis Anda membutuhkan tools marketplace analytics. Di bawah ini adalah beberapa manfaat terbaiknya.
Meningkatkan Revenue
Tools analytics ini memberikan data yang bisa dikelola secara lebih akurat. Dengan data yang lebih akurat, realtime, Anda bisa menggunakannya sebagai strategi marketing yang lebih efisien dan efektif. Semakin cepat data bisa dikumpulkan secara realtime semakin cepat pula strategi yang berguna bisa kita buat.
Identifikasi Kompetitor Secara Real Time
Dunia online bisa berubah dengan sangat cepat, begitu juga dengan kompetitor Anda. Jika tidak ingin ketinggalan inovasi yang dijalankan oleh kompetitor kita bisa cek menggunakan tools marketplace analytics. Cek seperti apa strategi marketing marketplace yang mereka gunakan, produk apa yang paling laku? Estimasi keuntungan atau revenue dan sebagainya. Anda bisa memantau berbagai informasi termasuk harga produk, jumlah toko di dalam marketplace dan sebagainya.
Tren Pelanggan Kita
Ingin mengetahui produk yang paling laku, atau produk yang paling banyak dicari oleh pelanggan?
Tools marketplace bisa membantu dengan mudah. Lakukan riset produk terlaris, harga produk kompetitor, dapatkan insight dari pelanggan dengan cepat sehingga bisa membuat sebuah tren dengan membantu pelanggan Anda.
Insight data bisa didapatkan dengan sebuah dashboard tanpa harus memiliki keahlian teknik atau programming. Dapatkan berbagai macam informasi yang berguna untuk mendapatkan value lebih dimata pelanggan Anda.
Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Kepuasan pelanggan adalah “baterai” dari sebuah bisnis. Ketika pelanggan puas maka bisnis bisa dianggap berkembang dengan pesat.
Dari marketplace analytics tools ini, kita bisa mendapatkan informasi produk terfavorit yang diinginkan oleh pelanggan, kemudian harga yang mau dikeluarkan oleh pelanggan, dan informasi lain yang bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.
Manfaatkan semua informasi dalam tools untuk bisa meningkatkan kepuasan pelanggan dan buat keputusan atau strategi bisnis dengan lebih cepat, akurat.
Fitur Yang Paling Dibutuhkan Dalam Marketplace Analytics?
Kita sudah membahas mengenai beberapa manfaat yang ditawarkan oleh tools marketplace dalam membantu bisnis Anda.
Tentu saja masih ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan tergantung bagaimana Anda menggunakan tools ini. Dari manfaat yang sudah kita bahas, kita bisa lihat bahwa fitur – fitur yang ditawarkan sebuah marketplace analytics seharusnya bisa memberikan manfaat di atas.
Lalu apa saja sih fitur yang kita butuhkan sebelum memilih marketplace analytics? Mari kita bahas lebih lanjut.
Pengecekan Informasi Produk
Fitur yang harus ada dalam sebuah tools adalah informasi mengenai produk. Lebih lengkap informasi, data yang bisa didapatkan dari sebuah produk akan semakin baik. Seperti yang sudah kita bahas bahwa kita bisa mendapatkan informasi stok, harga, produk terlaris dan terjual, dan sebagainya.
Fitur pengecekan informasi produk ini dibutuhkan untuk membagi – bagi data produk menjadi lebih jelas. Dengan informasi yang lebih jelas kita bisa membuat keputusan bisnis menguntungkan dengan lebih akurat.
Pengecekan Informasi Toko
Mungkin dashboard yang terintegrasi dari toko – toko Anda bisa menjadi fitur marketplace analytics tool terbaik Anda.
Dengan menggunakan informasi toko, Anda bisa melihat dengan lebih baik strategi marketing apa yang mereka gunakan, produk apa yang mereka jual dan terjual, serta berbagai informasi seputar bisnis lainnya.
Selain itu beberapa informasi seperti jumlah toko yang menjual produk juga bisa didapatkan dengan cepat sehingga kita bisa tahu landscape kompetitor yang kita miliki.
Informasi Trending
Salah satu fitur yang sangat berguna adalah pengecekan informasi trending. Kita bisa mengetahui mengenai market trending seperti produk paling banyak dicari dan juga harga.
Dari sini kita bisa mengetahui apa dan berapa harga produk yang diinginkan oleh pelanggan kita. Dengan mengetahui informasi trending kita bisa mengantisipasi strategi marketing yang bisa dieksekusi dengan baik.
Fitur ini merupakan sebuah fitur yang bersifat customer centric atau ditentukan oleh pelanggan. Tujuan dari penggunaannya tentu mendapatkan kepuasan, kepercayaan dari pelanggan. Jadi pastikan gunakan dengan baik.
Fitur Pengecekan Komentar
Customer atau pelanggan adalah penggerak pada sebuah bisnis online. Beberapa tools marketplace memberikan fitur untuk pengecekan komentar secara terintegrasi. Kita bisa mengetahui feedback, masukan, dan juga tanggapan langsung dari pelanggan.
Dari sini kita bisa membuat strategi pengembangan produk yan glebih baik. Kita juga bisa mengetahui apa saja yang pelanggan gemari, dan apa yang tidak mereka sukai. Setelah itu gunakan data ini untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik.
Kembangkan Bisnis Dengan Proses Yang Lebih Sederhana
Fitur marketplace analytics tools yang kita bahas di atas bisa dijalankan pada semua bisnis, mulai dari bisnis kecil menengah, sampai dengan enterprise. Dengan menggunakan tools ini Anda bisa dengan cepat mendapatkan gambaran produk lebih jauh, sehingga strategi pemasaran lebih tertarget.
BigBox memberikan kemudahan kepada para pemilik bisnis dengan BigMarket Marketplace Analytics. Anda bisa mengolah data produk, bisnis, dan pelanggan di dalam marketplace secara terintegrasi. Gunakan informasi dari data dan buat strategi yang lebih menguntungkan sekarang juga.