Table of Contents
Pemanfaatan big data pada perusahaan saat ini berkembang pesat dengan big data merekam semua data serta kegiatan yang pernah dilakukan untuk kemudian data tersebut dipergunakan untuk
1. Keuntungan Big data digunakan sebagai insight untuk dapat memahami customer dan market dengan lebih mendalam
Banyak perusahaan menggunakan big data untuk membangun Big Data analytic yang dapat memberikan view 360° terhadap customer. Big Data analytic ini mengumpulkan data dari berbagai sumber internal dan eksternal, lalu menganalisis dan menyajikannya kepada customer service, sales dan marketing untuk membantu mereka dalam melakukan pekerjaan.
Platform big data analytic memungkinkan perusahaan dapat membuat reporting tentang pelanggan mereka seperti nama pelanggan, alamat, pendapatan dan juga anggota keluarga mereka bahkan ada yang dapat menyediakan data histori panggilan terakhir, pesan email, histori chat dengan pelanggan, histori browsing pelanggan yang menunjukkan halaman website perusahaan mana yang baru saja dikunjungi oleh pelanggan untuk dapat mengetahui pelanggan sedang tertarik terhadap produk apa saja, selain itu pemanfaatan Big Data analytic juga dapat menarik informasi eksternal, seperti postingan media sosial pelanggan.
Platform big data yang canggih bahkan memiliki fitur machine learning dan AI yang dapat mempelajari behaviour pelanggan, platform ini dapat memberikan kesempatan untuk perusahaan melakukan cross-selling atau up selling pelanggan pada produk dan pelanggan tertentu, platform big data analitik juga dapat memprediksi apakah pelanggan mereka dapat berhenti memakai produk perusahaan dan pindah ke produk pesaing, dengan mengetahui informasi tersebut perusahaan dapat membuat strategi marketing seperti memberikan diskon, menambahkan kualitas layanan serta berbagai hal lain yang dapat membuat pelanggan tetap menggunakan produk dari perusahaan.
Beberapa Platform big data bahkan dapat mendeteksi emosi pelanggan saat berhadapan dengan customer service, platform ini dapat menyarankan tanggapan yang tepat untuk para customer service untuk melakukan tindak lanjut yang sesuai sehingga dapat membuat pelanggan puas.
Kecanggihan platform big data analytic ini mungkin bagi sebagian orang terdengar tidak masuk akal dan terlalu canggih, tetapi nyatanya banyak perusahaan saat ini sudah memiliki sistem seperti ini salah satunya Bigbox, dengan platform Bigbox, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan serta meningkatkan pendapatan dan margin yang lebih besar.
2. Kegunaan big data dalam membantu membuat strategi bisnis dan penentuan harga
Dengan tool business intelligence pada big data analytic, perusahaan dapat melakukan evaluasi menggunakan data keuangan perusahaan seperti pendapatan perusahaan serta transaksi customer, dengan data-data ini perusahaan dapat terbantu untuk menentukan bisnis model dan pricing yang lebih baik serta dapat meningkatkan pendapatan perusahaan dengan cara memfokuskan produk dan services perusahaan yang memiliki potensi keuntungan yang paling tinggi.
3. Penggunaan Big data untuk membantu dalam mengontrol reputasi brand di internet
Dengan big data tools sentimental analysis, perusahaan dapat memonitoring apa saja yang dibicarakan oleh netizen mengenai brand mereka seperti feedback, komentar pada postingan sosial media perusahaan, status, foto yang di upload oleh netizen yang berkaitan dengan produk ataupun brand perusahaan untuk dapat mempelajari lebih detail, anda dapat membaca artikel Menggunakan Big Data dan AI untuk Brand monitoring
4. Kelebihan big data untuk penghematan operasional
Dengan menggunakan big data tools seperti hadoop dan cloud based analytic cost saving dalam bisnis dapat dilakukan, dengan adanya data yang cukup besar di sana maka tools ini dapat membantu perusahaan untuk menganalisa dan juga mengelola data dengan lebih efektif.
Selain itu dengan melakukan analisa terhadap data seperti biaya operasional dan juga bahan baku, perusahaan dapat melakukan improvement pada pengeluaran yang tidak terlalu penting dan juga membuat strategi agar operasional dapat lebih efisien lagi seperti mencari alternatif bahan baku yang lebih murah dan berkualitas, penggunaan elektronik yang hemat daya, melakukan outsourcing, serta hal hal lain yang dapat menghemat biaya operasional.
5. Penggunaan Big data untuk Product Development
Dengan menggunakan big data analytic, perusahaan dapat melihat trend dari kebutuhan dan kepuasan pelanggan sehingga dapat dianalisa, dikembangkan dan juga diimpelementasi agar dapat meningkatan kepuasan pelanggan.
6. Memastikan perusahaan mengrekrut pegawai yang benar
Para recruiter dan juga para pegawai HRD dapat melakukan pemanfaatan big data untuk melakukan scanning pada portofolio dan linkedin profile menggunakan keywords yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan, selain itu recruiter juga dapat menentukan sifat calon karyawan dengan melakukan scanning pada social media mereka sehingga dapat menghasilkan seleksi yang lebih tepat.
7. Big data untuk meningkatkan efisiensi perusahaan
Teknologi digital yang menggunakan big data seperti seperti Google Maps, Google Earth serta social media dapat digunakan dimana saja dan kapan saja yang dapat meningkatan efisiensi perusahaan, dengan google map para pengemudi ojek online ataupun kurir dapat mengantarkan paket dengan cepat dan tepat, dengan social media perusahaan dapat berinteraksi dengan pelanggannya setiap saat tanpa mengeluarkan biaya yang mahal untuk kegiatan offline seperti bazaar, open booth di mall ataupun konser.
8. Manfaat big data dalam meningkatkan penjualan dan juga loyalitas pelanggan
Big data membantu bisnis tumbuh dan membantu perusahaan meningkatkan layanan service dan produk mereka sesuai dengan keinginan pelanggan, histori dari transaksi pelanggan yang tercatat dengan digital dapat membantu perusahaan untuk memberikan pelanggan produk dan layanan yang lebih ter personalisasi sehingga membuat pelanggan lebih loyal dan juga dapat meningkatkan penjualan.
9. Penggunaan Big data untuk menurunkan waktu pengambilan keputusan
Dengan tools yang dapat bekerja dengan cepat seperti Hadoop dan in-memory analytics dapat dengan mudah menganalisa data yang banyak sehingga mempercepat proses pengambilan keputusan.
10. Membantu perusahaan fokus dalam preferensi masyarakat lokal
Dengan pelanggan yang cukup banyak dan juga tersebar di berbagai kota, provinsi bahkan negara, perusahaan dapat menemukan preferensi masyarakat pada daerah tertentu dengan pemanfaatan big data analytic. Dengan hasil analisa dari big data analytic perusahaan dapat membuat strategi produk dan services yang sesuai dengan preferensi masyarakat pada daerah daerah tertentu contohnya pada rekomendasi lagu pada aplikasi spotify, setiap negara pasti memilki rekomendasi lagu yang berbeda preferensinya baik dari bahasa dari lagu ataupun jenis dari lagu tersebut.
Ingin lebih mengenal big data secara lebih lengkap? silahkan baca artikel lengkap mengenai Big Data