Big Data Indonesia – Big data adalah teknologi yang memungkinkan proses pengolahan, penyimpanan dan analisa data dalam jumlah yang sangat besar dan bentuk yang kompleks. Hal tersebut membuat big data kerap kali dimanfaatkan oleh bisnis karena dapat memberikan hasil analisa data yang mendalam yang mengarah pada suatu keputusan dan strategi bisnis yang lebih baik.
Layanan eCommerce memiliki banyak sumber data yang dapat digunakan untuk membuat strategi dan mengambil sebuah keputusan. Namun dalam penerapannya, terkadang pelaku ecommerce merasa kesulitan dalam mengintegrasikan data-data tersebut. Untuk itulah peran big data diperlukan.
Berikut adalah beberapa manfaat penerapan big data dalam layanan eCommerce
(1) Pengembangan Inovasi
Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa inovasi adalah hal yang wajib dilakukan oleh para pelaku bisnis agar bisnis tidak mati. Inovasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan akan membuat pelanggan tetap setia dan tentunya mendongkrak penjualan.
Dengan pemanfaatan big data, pelaku eCommerce dapat melihat kecenderungan konsumen untuk membuat sebuah inovasi yang lebih tepat sasaran. Contohnya, pelaku eCommerce dapat mengambil keputusan untuk mengadakan pemberian bonus berupa cashback, discount, flash sale hingga games-games yang menarik. Dengan menggunakan inovasi tersebut, pelaku bisnis dapat selalu relevan dengan pelanggannya.
(2) Mengenal pelanggan dengan lebih baik
Dengan menggunakan big data, kita dapat mengumpulkan informasi dan data pelanggan yang menggunakan layanan kita. Hal ini dapat menjadi acuan bagi suatu ecommerce untuk menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Ketika user mengunjungi website eCommerce. Beberapa user tidak hanya langsung berbelanja tetapi mereka juga mencari-cari informasi mengenai produk apa yang mereka butuhkan. Dengan menggunakan data histori pelanggan, pelaku eCommerce akan mendapatkan insights yang dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan
(3) Meningkatkan layanan pelanggan
Salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan bagi sebuah eCommerce adalah meningkatkan pelayanan bagi pelanggan.
Dengan menggunakan analisa data, pelaku eCommerce dapat mengetahui flow user ketika mengunjungi website. Dari sini, pelaku eCommerce dapat mengetahui fitur yang sering digunakan oleh user, filter apa yang paling sering dipakai oleh user hingga apakah navigasi website sudah cukup jelas bagi user.